Fungsi dan Kegunaan Switch 22k dan Switch Diseq

Fungsi Switch 22k dan Switch Diseq - Kalau kita memasang antena parabola dengan satu lnb, maka cukup dengan memasang kabel dari lnb langsung ke receiver. Namun kalu kita memasang lebih dari 1 lnb, bagaimana cara memasangnya? Untuk memasang 2 lnb atau lebih, kita memerlukan alat tambahan yang dalam perparabolaaan disebut Switch. Switch ini sistemnya elektrik.

Dalam perparabolaan, terdapat 2 jenis switch, yaitu switch 22k dan switch diseq. Sedangkan kedua switch ini juga ada dua bentuk, yaitu switch internal dan switch eksternal.


  1. Switch Internal atau Switch Dalam
  2. Switch inside adalah switch yang barangya atau rangkaian fisiknya tertanam atau ada didalam lnb. Lihatlah gambar berikut ini:

    Fungsi Switch 22k dan Diseq

    Gambar lnb diatas itu outnya ada 2, tetapi bukanlah lnb dual out atau dual polarity, melainkan lnb singgel dengan switch 22k inside. Kerjanya sama dengan switch eksternal, hanya posisinya saja ada didalam lnb. Pada out nya ada tulisannya, 1 out ada tulisannya RCV yang artinya untuk dihubungkan ke receiver. Dan satunya lagi bertuliskan LNB yang artinya untuk dihubungkan ke lnb.

    Baca juga: Perbedaan lnb dual out dan dual polarity

    Cara kerjanya, jika pada receiver seting satelit 22k mode on, maka arus yang masuk ke rangkaian lnb gambar diatas akan putus dan arus tersebut keluar menuju lnb yang satunya. Jika 22k mode off, maka arusnya masuk ke lnb gambar diatas dan arus yang ke lnb satunya akan putus.

  3. Switch Eksternal
  4. Switch Eksternal adalah switch yang bentuk fisik switch itu terpisah dari lnb. Jadi perakitannya dibutuhkan kabel rakit untuk menghubungkan lnb ke switch. Bentuknya seperti gambar berikut ini:

    Fungsi Switch 22k dan Switch Diseq

    Itulah gambar switch 22k dan diseq eksternal. Gambar sebelah kiri adalah switch 22k eksternal dan gambar sebelah kanan adalah switch diseq eksternal.

  5. Fungsi dan Kegunaan Switch 22k dan Switch Diseq
  6. Cara kerja switch adalah memberi suplai arus atau memutus arus dari satu lnb ke lnb lainnya dengan sistem elektrik. Switch 22k dipergunakan untuk 2 lnb. Sedangkan diseq untuk 4 lnb.

    Didalam lnb terdapat sebuah modulator konvesi frekuensi yang menyebabkan output lnb tidak bisa diparalel ( disambungkan jadi satu) 2 lnb atau lebih. Jika output lnb di paralel, maka signal akan bertabrakan sehingga resiver tidak bisa mendeteksi signal tersebut.


    Switch ini umunya digunakan untuk parabola fixed dish dengan 2 lnb atau lebih. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam gambar berikut:

    Fungsi Switch 22k dan Diseq
    Dari receiver hanyalah satu kabel. Untuk menghubungkan ke 2 lnb atau 3 lnb atau 4 lnb digunakanlah switch ini. Cara penyambungannya seperti gambar diatas. Untuk 3 lnb, bisa menggunakan switch diseq dan salah satu slot tidak digunakan. Slot yang tidak digunakan tidak mempengaruhi kinerja switch ini.
Switch ini dikendalikan oleh receiver, artinya receiver memberi perintah kepada switch untuk mengaktifkan lnb yang dikehendaki dan men non-aktifkan lnb lainnya yang tidah dikehendaki.

Baca juga: Switch Parabola dan Cara Setingnya

Demikianlah artikel tentang Fungsi dan kegunaan switch 22k dan diseq. Semoga bisa bermanfaat.

37 komentar untuk "Fungsi dan Kegunaan Switch 22k dan Switch Diseq"

Comment Author Avatar
Anonim 06 Juni
kurang lengkap penjelasan nya
Comment Author Avatar
He.. he.. Maaf gan, ini postingan dulu. Waktu itu ngeblognya masih sekedar coba-coba belajar saja. Saya baru tahu kalau postingan cuma kaya gini setelah ada komentar masuk. akan segera saya perbaiki.

Trimakasih atas partisipasinya. Salam Tracking Satelit ~ by Najwa Tehnik
Comment Author Avatar
Anonim 01 Agustus
mas saya baru pasang 2 lnb matrix dual output , 2 switch 22k dan 2 receiver . Urutan pemasangan lnb - 22k - rec , permasalahannya ketika kedua receiver melihat ch tv yang berbeda sattelite maka salah satu receiver akan hilang signal tapi jika kedua receiver melihat ch tv dalam satelite yang sama tidak ada masalah.....?
Comment Author Avatar
Maaf, Jika ada permasalahan seperti itu, coba ganti switch nya dengan switch diseq, kalau memakai switch 22k polosan sering ada trobel.

Trims..
Comment Author Avatar
nawawi 28 November
switch 22k or dseq apakah satu tempat dalam box yang sama dengan osilator/penguat LNBF, atau terpisah ato bagaimana jelasnya, saya baca di beberapa artikel mas adun belum ketemu, saya sangat tertarik per parabolaan ini, sebab setiap rumah ditempatku kadang ada 2 dish parabola untuk 2 TV dalam satu rumah, bahkan ada juga sampai 5 dish dalam satu rumah, bukankah itu peluang buka francaise di tempatku, hehe,,,hehe???
Comment Author Avatar
kalau 22k atau diseq inside, rangkaiannya ada dalam lnb, tetapi rangkaiannya terpisah.

Trims..
Comment Author Avatar
Anonim 06 Desember
klo 1 lnb digunakan 4 atawa 10 reciver apa bisa .
Comment Author Avatar
Kl Lnb nya singgel bisa tidak bisa digunakan secara maksimal. Artinya bisa saja digunakan untuk 4 atau bahkan lebih dari 10 receiver, tetapi hanya mendapat 1 polaritas saja.

Untuk saat ini, 1 lnb singgel bisa untuk menangkap chanel lokal nasional kecuali chanel antv, trans tv, dan trans7 karena chanel lokal unggulan yang disatelit palapa kesemuannya menngunakan polaritas Horisontal. dengan syarat receivernya semua menngunakan receiver mpeg4 atau HD.

Kalau untuk mendapat 2 polaritas dalam 1 lnb, lnb nya harus menggunakan lnb 4r atau lnb dual freqwensi yang biasa disebut lnb one cable solution.
Comment Author Avatar
Bg kalo buat 4 satelit (palapa - telkom - asiasat5 - asaiasat7) untuk 2 tv kira2 bisa gk?
Dan alat yg perlu dibeli apa saja
Thanks
Comment Author Avatar
kl untuk 2 tv, lnbnya harus yang dual out
Comment Author Avatar
Maaf bg lari jalur, resiver k vision c1000 kok gk bsa ya untuk monitor, tulisannya out of range
Resolusi yg ada 480i dan 576i
Gmana solusi?
Comment Author Avatar
K-Vision c100 itu belum full HD, dia hanya hdmi ready. sudah pakai slot hdmi tapi belum HD
Comment Author Avatar
bantuan nya mas Najwa ,
pengaturan lnb 1 palapa tak pindah lnb 2 dan lnb 2 tak pindah lnb 1 tapi kok palapa tetap saja dapat sinyal padahal belum menggeser parabola. apakah switch yg rusak ya ?
Comment Author Avatar
Pengaturannya ada 2. Bisa pakai diseq dan 22k. Kl switchnya pakai 22k dan yg dipindah diseqnya, tentunya tidak akan berpengaruh. Demikian juga sebaliknya. Jika yg dipindah sudah benar dan lnb tidak mau pindah berarti switchnya sudah rusak.
Comment Author Avatar
Mantap mas, Terima kasih elmunya
Comment Author Avatar
Trimakasih dah berkunjung
Comment Author Avatar
Gan, apakah ada referesi setingan untuk penggunaan 2 LNB + posisioner sehingga saya bisa menangkap 2 satelit (contoh:palapa+telkom-3S)tanpa berubah posisioner dan posisioner bisa bergerak lagi ketika saya menangkap satelit Asiasat 5 dan 7, saya sudah coba menggunakan 2 LNB dengan diseqc switch (Seting diseq 1.0), dan posisioner (Diseqc 1.2) tapi sepertinya sinyal untuk control diseqc 1.0 dan 1.2 crash, sehingga pada saat merubah chanel dari palapa ke telkom diseqc switch nya tidak bekerja malah posisionernya yang bekerja. mohon pencerahannya...
Comment Author Avatar
Seharusnya bisa bro. Misalkan palapa diseq port 1, telkom diseq port 2. di posisionernya diseting palapa d memori 1 dan telkom memori 2 dengan posisi yang sama.

Jika posisi tersebut tidak bisa kemungkinan sw nya yang kuang memadai, coba cari sw yang lebih sempurna
Comment Author Avatar
iya bro, soalnya posisioner saya bisa menggunakan Diseqc 1.0 & 1.2, jadi diseqc 1.0 untuk switch berpengaruh jg ke posisionernya. Ini saya mau coba dengan menggunakan switch 22Khz On/Off, mudah mudahan tidak crash lg... Thank's
Comment Author Avatar
Bg, bagaimana utk menghubungkan 2 lnb dgn 2 receiver, atau 1 payung 2 receiver. Alat apa saja yg di butuhkan agar chanel ny tdk rebutan?
Comment Author Avatar
Pakai lnb dual out. Silahkan baca di: Pasang 2 lnb 2 out
Comment Author Avatar
kenapa signal pada receiver penuh dan stabil tetapi stasiun trans tv tidak muncul gambar tapi hanya muncul suara?punya sy pake receiver output HD
Comment Author Avatar
coba di scan ulang bro
Comment Author Avatar
Mas saya kurang paham kalau 4lnb menggunakan 2k apa disegc
Comment Author Avatar
Anonim 30 Juli
bang.. komponen apa di dalam receiver yg jadi swicth 22k ini?
Comment Author Avatar
Pulsa 22k berasal dari main prosesor
Comment Author Avatar
Bang mau tanya, saya kan nyetting palapa D, trus mo nyari telkom 4. Dishnya di geser sekitar 1cm, tp yang palapa D Jadi ilang.. pas di scan ulang malah munculnya siaran telkom 4.
Itu knph ya bang?
Trus gmn solusinya?
Comment Author Avatar
Pengaturan switch sudah dirubah belum?
Comment Author Avatar
slamat malam gan.gan saya pake 3 dish dan saya lock 8 satelit .saya satukan semuanya ke 4x1,sebelum masuk ke 4x1 saya pake disecq 22khz nah permasalahannya yang 1 dish 4 satelit saya pake 22khz soalnya saya lock thaicom 5 saya sandingkan dengan maesat 3a c band dan apstar 7 saya sandingkan dengan intelsat 20.saya uji tanpa pake 4x1 semuanya lancar jaya akan tetapi setelah saya pake 4x1 ada yang ga nongol di tampilan resiver sinyalnya,susunannya gini port1 saya pake palkom,port 2 saya pake ass7 off ass5 on nah port 3 saya pake apstar 7 off intelsat 20 on.port 4 saya pake thaicom 5 off dan maesat on.diport 3&4 yang muncul sinyal hanyalah thaicom sama apstar 7,mohon pencerahannya gan trimakasih
Comment Author Avatar
Ya kl kaya gitu bermasalah di perintah switchnya. Pakai diseq 8x1 saja
Comment Author Avatar
Saya punya Multiswich
5 input
outputnya 12 utk 12 rx

sarannya pake apa supaya MS (Multiswitch) bekerja
di parabola Kuband Kvision
karena saya coba tdk ada sinyalnya

Comment Author Avatar
Untuk k vision ku-band harus pakai 22 k generator. Silahkan baca: Inilah Fungsi 22k Generator
Comment Author Avatar
1 para bola ingin untuk banyak tv itu tergantung switch bukan LNB kan...?
Comment Author Avatar
Pertama lnb nya dulu. Untuk lnb dengan 2 polaritas ya harus pakai yg dual out atau dual polarity. Kalau yang dibutuhkan 1 polaritas saja ya bisa pakai lnb single. Switch itu gunanya untuk menggabungkan 2 lnb atau lebih
Comment Author Avatar
Saya masih bingung, buat apa pakai beberapa LNB jika arah parabola toh sama saja/fixed.

Comment Author Avatar
Ya gak sama bro. beberapa lnb digunakan untuk menangkap beberapa lnb pada dish fixed (tidak pakai penggerak) karena posisi dish diam saja dan dimanfaatkan untuk menerima beberapa satelit yang orbitnya berbeda