Cara Jitu Tracking Garmedia Satelit Measat 3a

Kreasi Parabola - Garmedia adalah produk mitra k-vision yang mengudara di satelit measat 3a. Sebagian chanel garmedia FTA (bisa terbuka dengan receiver biasa) dan sebagian lagi FTV dan berbayar (hanya bisa dibuka dengan receiver khusus garmedia).


Bagi anda yang ingin menagkap sinyal garmedia dari satelit measat 3a, anda harus menggunakan lnb ku-band. Dish atau parabolanya bisa menggunakan parabola mini atau parabola besar. Saya rekomendasikan menggunakan parabola mini karena akan lebih mudah dan lebih besar sinyalnya.

Satu saran lagi kalau menggunakan parabola mini paling tidak parabola mini dengan diameter 60 cm atau lebih besar. Walaupun bisa saja menggunakan ukuran 45 cm namun beresiko mudah kena gangguan kalau hujan (kecuali anda punya rahasianya agar sinyal stabil).

Parabola mini bisa menggunakan parabola baru atau parabola bekas, misalnya eks indovision, big tv, astro, aora tv, orange tv, ataupun lainnya. Khusus eks indovision lnb na harus diganti dengan yang ku-band.

OK langsung saja dimulai .....

Pertama anda harus tau lokasi atau arah satelit measat 3a. Maksudnya arah dari lokasi anda ke satelit measat 3a. Ini wajib hukumnya karena mentracking parabola mini ini arah parabola mini harus mengarah ke satelit. Kalau bingung tidak tau arah satelit measat 3a, anda bisa memanfaatkan aplikasi di hp.


Walaupun mungkin kurang akurat, namun hasil dari aplikasi ini bisa membatu menentukan arah. Paling tidak posisi arah satelit berada disekitar yang ditunjukkan di aplikasi hp.

Arah Parabola Mini Garmedia


Yang kedua anda harus tau mana arah utara atau selatan. Ini sangat penting karena arah utara atau selatan ini sebagai acuan kita menentukan arah konektor.

Cara menentukan arah konektor ini cukup mudah. Silahkan tegakkan parabola sampai maksimal tegak (tidak bisa 100% tegak).

Parabola Garmedia Tegak lurus

Setelah tegak, arahkan konektor ke utara atau selatan. Pengarahan bebas bisa ke utara atau selatan, namun idealnya jika lokasi anda diselatannya garis katulistiwa maka arah konektor ke utara dan jika lokasi anda di selatannya garis katulistiwa, maka arah konektor ke selatan.

Tidak harus benar-benar super ke utara atau selatan, namun cukup dikira-kira saja karena nantinya kalau sudah terlock sinyalnya, arah ini harus digeser-geser sampai sinyal maksimal.

Arah Konektor Parabola Garmedia

Setelah arah parabola dan arah konektor ini sudah pas, maka kita tinggal mentrackingnya. Nyalakan receiver. Posisikan di chanelnya garmedia. Kalau belum ada silahkan buat transpondernya dulu. Bisa pakai frekuensi transponder 12436 H 31000. Kemudian posisikan pada frekuensi transponder yang kita buat untuk memantau sinyalnya.

Naik-turunkan dish dengan sangat pelan-pelan sambil memantau sinyal. Kalau sinyal belum masuk, silahkan geser sedikit-sedikit kekanan dan ke kiri dari arah parabola yang kita dapatkan dengan aplikasi tadi.

Geser Parabola Garmedia

Maksudnya Digeser sedikit kekiri, kemudian naik turunkan pelan-pelan, kalau belum ada sinyal geser lagi sedikit kekiri, naik turunkan lagi. Sampai kalau sudah jauh dari arah pertama yang ditunjukkan aplikasi, kembalikan lagi ke poisi semula. Kemudian geser edikit-sedikit ke kanan.

Kalau sudah pas posisinya, pasi terlock garmedianya. Setelah terlock kita tinggal memaksimalkannya saja. kita geser sedikit2 kekiri dan kekanan / atas bawah sampai sinyal maksimal. Juga arah konektornya di geser-geser sampai sinyal maksimal.

Kalau sudah maksimal, kita kencangkan baut-bautnya. Berikut penampakan dish mini yang terlock garmedia lokasi di semarang: Gambar diambil dari arah barat.

Lock garmedia

Demikianlan artikel panduan cara tracking garmedia, semoga bermanfaat. Kalau ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Jitu Tracking Garmedia Satelit Measat 3a"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel