Cara Tracking Parabola 120 CM Satelit Telkom 4

Daftar Isi

Cara Tracking Parabola 120 CM Satelit Telkom 4 - Walaupun parabola ukuran 120 cm bentuknya fokus, namun cara trackingnya berbeda dengan tracking parabola fokus pada umumnya.

Ini karena bentuk mountingnya menggunakan sistem parabola offset yang mengkombinasikan arah parabola dan arah garis 0 derajat pada lnb.

Dengan tipe fokus, pemasangan lnb tidak membutuhkan Conical Scalar Ring. Cukup dipasang ring flat saja sinyal sudah melimpah. Bahkan jika dipasang conical scalar ring sinyalnya malah menurun.

Perolehan Sinyal Parabola 120 CM

Parabola ini merupakan parabola untuk c-band dengan ukuran terkecil yang sinyalnya sudah stabil. Untuk menangkap satelit telkom sudah cukup baik. Dengan receiver mpeg2 semua chanel sudah masuk. Kalau receiver mpeg4 ada beberapa yang tidak masuk karena sinyalnya memang sangat kecil.

Berbicara sinyal kecil, saat ini yang tergolong kecil adalah channel ANTV. Parabola 120 cm ini sudah bisa menakhlukkan chanel antv tersebut dengan perolehan sinyal lebih dari 40% (mpeg2) dimana chanel antv gambar dan suara sudah lancar apabila sinyal yang didapat sudah masuk di 26%.

Tracking Parabola 120 cm Satelit Telkom 4

Pertama rakitlah parabolanya terlebih dahulu. Bagi yang kurang paham cara merakinya bisa mengikuti selembar kertas panduan yang ada dalam dus parabola.

Parabola diameter 120 cm terdiri dari 6 keping plat yang digabung menjadi satu. Bentuknya sama persis seperti parabola ukuran 6 feet.

Cara mentracking parabola ini sama seperti tracking parabola mini offset. Yaitu parabola tinggal di naik-turunkan dan diputar sedikit-sedikit dari tiang penyangga parabola.

Berikut langkah-langkah untuk mentracking parabola 120 cm untuk lock satelit telkom 4:

  1. Parabola dicondongkan total dengan melepas baut mounting penyangga
  2. Posisikan garis 0 derajat lnb sesuai daerah masing-masing. Garis 0 derajat ini bisa berberbeda-beda posisinya sesuai arah satelit. Bagi yang kurang paham akan arah garis 0 derajat ini bisa tanyakan di kolom komentar dengan menyebutkan kabupaten tempat tinggal.
  3. Nyalakan receiver pada chanel rtv frekuensi 3949 V 4333 kemudian pencet tombol info untuk memantau pergerakan sinyal.
  4. Parabola digeser naik-turun ke daerah perkiraan arah satelit sambil memantau sinyal
  5. Kalau belum dapat sinyal, parabola bisa diputar sedikit-sedikit kekiri dan kanan kemudian di naik-rurunkan lagi
  6. Setelah sinyal terlock kemudian kita maksimalkan sinyalnya, bisa dengan merubah posisi lnb dan memaksimalkan posisi dish
  7. Pindah chanel ke chanel yang sinyalnya kecil. Misalnya chanel ANTV. Maksimalkan sinyal
  8. Setelah sinyal maksimal, maka kita kencangkan baut-bautnya agar tidak mudah bergeser.

Setelah semua beres, maka tinggal kita scan otomatis saja receivernya agar semua channel masuk.

Video Cara Tracking Parabola 120 CM

Bagi yang kurang jelasi bisa lihat dalam tayangan video youtube berikut ini:

Demikianlah artikel tentang cara mentracking parabola diameter 120 cm untuk men lock satelit telkom 4 frekuensi c-band. Semoga bermanfaat.

2 komentar

Bang kalau receiver venus yaris parabolanya pakai Yang seperti apa
Minimal seperti 120 cm ini. Atau lebih besar juga lebih bagus